Selasa, 18 November 2008

X. Penggugur Dosa (1/2)

Suatu hari, seorang kakek tua yang berusa lebih dari seratus tahun dengan kulitnya yang keriput dan rambutnya yang memutih serta alisnya yang hampir menutupi kedua matanya dengan menggunakan tongkat dia menemui Rasulullah SAW.

Di hadapan Rasul dengan raut wajah yang menunjukkan kesedihan mendalam, dia berkata “Ya Muhammad, aku telah melakukan berbagai maksiat dan jika dosa-dosaku dibagikan kepada penduduk bumi pastilah mereka semua akan mendapatkan bagian, aku merasa tida ada seorangpun di atas muka bumi ini yang berdosa seperti yang telah aku lakukan, aku telah pergi menemui ulama-ulama Yahudi dan menceritakan semua dosaku mereka mengatakan tidak mungkin Tuhan membukakan pintu taubat untukku karena terlalu besar dosa yang saya lakukan. Lalu bagaimana dengan agama yang engkau bawa, apakah mungkin bagi saya untuk bertaubat dan dihapuskan segala dosaku?”

Dengan ringan Rasulullah SAW mengatakan “Semua dosa yang telah engkau lakukan akan bersih dan seakan-akan engaku tidak pernah melakukan dosa sedikitpun” Ketika mendengar perkataan Rasul orangtua yang beragama Yahudi itu terkejut dan sangat gembira, lalu dida berkata “Apa yang harus aku lakukan untuk mendapatkan pengampunan dan kemuliaan itu, wahai Muhammad?”

Rasulullah SAW berkata “Cukup engkau mengucapkan dua kalimat Syahadat, dan bertekad bulat untuk meninggalkan berbagai kemaksiatan yang telah engkau lakukan serta berusaha untuk mentaati perintah-perintah Allah SWT”. Mendengar syarat yang sangat mudah ini, orang Yahudi itu langsung mengucapka Dua kalimat Syahadat di hadapan Rasul dan dia berjanji untuk meninggalkan semua kemaksiatan yang telah dilakukan dan akan berusaha untuk selalu mentaati perintah Allah SWT. Lalu orang tua yang sudah menjadi muslim itu pergi meninggalkan Rasululllah SAW.

Setelah beberapa hari kemudian, Rasul mendengar berita bahwa orang tua yang sidah berusia seratus sebelas tahun itu meninggal dunia. Dan saat itu juga Rasul memberitahukan kepada para sahabtnya bahwa orang itu termasuk dari hamba Allah SWT yang mendapatkan surga.
Seluruh ulama sepakat mengatakan bahwa “Orang kefir yang memeluk Islam maka semua dosa yang pernah dilakukannya akan terhapus dan perbuatan baik yang pernah dilakukannya akan mendapatkan pahala, begitu juga sebaliknya amal-ibadah seorang Muslim akan terhapus habis jika dia murtad atau keluar dari Agama Islam”

Allah SWT sangat sayang kepada hambanya, bahkan kasih sayang-Nya melebihi kasih sayang seorang ibu kepada anaknya, dan diantara wujud kasih sayang Allah SWT kepada kita Dia telah menetapkan beberapa amalan yang bila dilakukan akan dapat menggugurkan dosa dan kesalahan sebagaimana disebutkan di dalam Al-Qur’an dan hadits.

Al Imam Ibnu Hajar al-Asqolani menulis sebuah kitab yang berjudul “Ma’rifatul Khisahl al-Mukaffira hLiddzunub al-Muqaddimah wal Muakkhirah, di dalam kitab ini beliau mengumpulkan ayat dan hadits yang menyebutkan amalan-amalan yang dapat menghapus dosa dan kesalahan.

Di dalam kitab ini, kami coba untuk menuliskan sebagian amalan yang dapat menghapuskan dosa dan kesalahan, bila kita amalkan akan menambah kesempurnaan iman kita dan bagi mereka yang bertaubat akan menambah kesempurnaan taubatnya, diantara amalan yang dapat menghapus dosa itu adalah;

1. Menyempurnakan Wudhu dan berjalan ke Masjid. Rasul mengatakan, “Maukah kalian aku beritahukan amalan yang dapat menghapus dosa dan mengangkat derajat? Para sahabat menjawab; ‘Tentu ya Rasul’, lalu Rasulullan SAW bersabda; ‘Menyempurnakan wudhu saat terpeleset melakukan dosa, memperbanyak langkah menuju masjid dan menunggu datangnya waktu sholat setelah sholat

2. Berpuasa di hari Arafah dan Asyura. Rasulullah SAW bersabda; “Puasa di hari Arafah, aku berharap dapat menghapus dosa satu tahun sebelum dan setelahnya, dan berpuasa di hari Asyura dapat menghapuskan dosa satu tahun sebelumnya”.

3. Menghidupkan malam Rhamadhan, Rasulullah SAW bersabda; “Barangsiapa yang menghidupkan Rhamadhan dengan penuh keimanan dan perhitungan maka Allah SWT akan memberikan ampunan kepadanya dari apa yang telah lalu”

Tidak ada komentar: